Tujuan Dan Keuntungan Pengukuran Vibrasi Mesin - Wani Mulyo | Dare to Noble

Tujuan Dan Keuntungan Pengukuran Vibrasi Mesin

Secara umum, tujuan pengukuran vibrasi dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin. Sebagaimana dokter melakukan cek kondisi tubuh untuk mengetahui seorang pasien sedang dalam kondisi sehat, sakit, ataukah sakit yang parah. Kondisi/ kesehatan mesin dapat kita amati dari berbagai peristiwa fisis yang muncul seperti kondisi getaran, temperatur, kondisi oli, dsb. Kondisi tersebut sangat perlu diketahui untuk memastikan bahwa mesin tetap bisa beroperasi, jangan sampai ketika beroperasi secara tiba-tiba mesin rusak sehingga proses produksi tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Kerusakan yang secara tiba-tiba akan sangat merugikan karena biaya yang dikeluarkan akan menjadi cukup besar dan sebaliknya jangan sampai kita memperbaiki mesin yang sedang dalam kondisi baik dimana hal tersebut juga akan membuang-buang biaya untuk perawatan yang sia-sia.

Spektrum vibrasi yang muncul pada mesin [1]
Hampir semua industri melakukan analisa kondisi mesin dengan cara mengukur vibrasinya. Pengukuran vibrasi merupakan yang paling mudah diamati karena parameter tersebut merupakan parameter yang akan paling cepat berubah akibat pengaruh perubahan beban mesin, perubahan kecepatan, perubahan tekanan operasi, atau perubahan temperatur operasi. Suatu contoh: suatu mesin yang digunakan untuk memompa fluida dengan massa jenis yang lebih besar, vibrasi nya akan semakin tinggi jika dibandingkan dengan mesin yang digunakan untuk memompa fluida dengan massa jenis yang lebih kecil. Hal tersebut akibatnya mempengaruhi masa pemakaian spare part yang digunakan sehingga dibutuhkan suatu ilmu analisis untuk mengetahui kondisi spare part melalui analisa vibrasi. Jika kerusakan pada spare part tidak segera dideteksi maka akan terjadi kerusakan yang lebih parah sehingga akan merusak komponen lainnya.

Kerusakan tidak hanya terjadi akibat faktor operasi saja, melainkan bisa juga terjadi akibat proses instalasi mesin  yang tidak sempurna. Instalasi struktur penempatan pompa juga berpengaruh, semisal kita melakukan penyambungan shaft  antara rotor mesin dengan pompa jika tidak sesumbu maka akan terjadi misalignment. Akibatnya terjadi kerusakan pada coupling, rotor, shaft, bearing, bahkan mesin itu  sendiri. Oleh karena itu, setiap selesai melakukan suatu instalasi kita perlu melakukan pengamatan vibrasi untuk memastikan bahwa mesin yang kita pasang sudah sesuai.

Keuntungan Analisis Vibrasi

Mudah diprediksi:  Studi menunjukkan bahwa analisis vibrasi dapat mendeteksi kerusakan lebih awal, sehingga staf maintenance dapat membuat jadwal perawatan dan menyiapkan spare part yang dibutuhkan

Aman: Dengan melakukan pengecekan vibrasi secara rutin informasi tentang kondisi mesin memungkinkan operator untuk mengganti part yang rusak sebelum kondisi yang lebih berbahaya terjadi.

Pendapatan Meningkat: Mesin yang terawat memiliki lebih sedikit kesempatan gagal yang tak terduga dan serius, Sehingga produksi dapat terus berjalan tanpa adanya gangguan akibat kerusakan mesin. Ketika kondisi mesinr terus dipantau, pemeliharaan dapat dijadwalkan sesuai kebutuhan, bukan hanya dengan akumulasi jam operasi.

Andal: Monitoring vibrasi mesin dapat meninggikan nilai keandalan suatu mesin, sehingga peluang gagal lebih kecil.

Hemat Biaya: Monitoring vibrasi dapat menghindarkan kerusakan parah pada mesin yang mengakibatkan kerusakan menjalar ke komponen lain sehingga biaya perwatan bertambah. Bandingkan jika kita mengetahui lebih awal part mana yang rusak, maka kerusakan yang lebih besar dapat diatasi sehingga dampaknya biaya perbaikan menjadi lebih ringan. Suatu studi menunjukkan bahwa dengan analisis vibrasi, perusahaan dapat menghemat biaya hingga 20:1.

Manajemen Lebih Baik: Dengan mengetahui kondisi mesin maka, jadwal, penganggaran, dan produktivitas suatu proses dapat diestimasi oleh manajemen.

Sumber:
[1] http://www.maintenanceworld.com/wp-content/uploads/2013/07/528-1.jpg






Postingan terkait:

Belum ada komentar untuk "Tujuan Dan Keuntungan Pengukuran Vibrasi Mesin"

Posting Komentar