Alasan suara terdengar lebih jelas saat malam - Wani Mulyo | Dare to Noble

Alasan suara terdengar lebih jelas saat malam

Pernahkah anda mengamati bahwa suara pada malam hari lebih keras dibandingkan pada malam hari. Contoh sederhana, pernahkah anda merasakan bahwa bunyi kendaraan yang melintas di jalan raya pada malam hari terasa lebih keras daripada disiang hari? Contoh lain, apakah anda bisa dengan sangat jelas mendengarkan suara angin dimalam hari dibandingkan disiang hari? Kalau pernah apakah anda tahu mengapa bisa demikian?

Banyak orang mengira hal tersebut terjadi akibat pada malam hari kondisi lingkungan menjadi lebih sepi sehingga kita bisa mendengar lebih jelas suara-suara yang lain seperti bunyi angin, jangkrik, sepeda motor, dll meskipun sumbernya cukup jauh dari kita. Sebenarnya hal tersebut cukup logis karena manusia cenderung dapat memfokuskan satu suara yang ingin didengar dan bisa mengabaikan suara yang lain dan pada malam hari suara yang lain hampir tidak ada sehingga kita bisa dengan mudah mengidentifikasi suara yang cenderung lebih keras daripada suara di sekitar kita.

Pembiasan cahaya pada kasus pensil yang dimasukkan gelas berisi air [1]

Proses terjadinya refraksi cahaya [2]


Bukan karena kondisi lingkungan yang sepi yang menjadi penyebab kenapa suara menjadi lebih keras, tetapi fenomena refraksi bunyilah yang menjadi faktor utama terjadinya peristiwa tersebut. Pertanyaannya, Bukankah refraksi hanya terjadi pada cahaya saja? Apakah bunyi bisa mengalaminya?

Bunyi adalah suatu gelombang yang mana bisa mengalami fenomena Pemantulan (Refleksi), Pembiasan (Refraksi), Dipadukan (Interferensi), Pelenturan (Defraksi) dan Polarisasi. Pada gambar diatas terjadi peristiwa refraksi cahaya akibat perbedaan indeks bias medium air dan udara sehingga pensil yang lurus tampak seolah-olah bengkok ketika dilihat dari samping. Indeks bias erat hubungannya dengan kerapatan suatu medium. Begitu halnya demikian dengan cahaya, bunyi juga dapat mengalami peristiwa refraksi akibat perbedaan kerapatan partikel yang berada di udara. Perbedaan kerapatan partikel terjadi akibat perbedaan suhu. Pada suhu yang lebih dingin, partikel cenderung lebih rapat daripada suhu yang lebih panas.



Perambatan bunyi di siang hari [3]


Pada siang hari, udara pada permukaan bumi lebih panas daripada udara di bagian atmosfer. Sehingga, kecepatan bunyi dibawah lebih lambat daripada di bagian atmosfer. Akibatnya gelombang suara yang menuju kearah bumi akan dibiaskan menuju kearah atmosfer (menjauh dari telinga kita). Sehingga, suara yang kita dengar akan terasa kurang jelas karena tidak menjangkau jarak yang lebih jauh menuju ke telinga kita .

Perambatan bunyi di malam hari [3]

Sebaliknya, pada malam hari, udara pada permukaan bumi lebih dingin daripada udara di bagian atmosfer. Akibatnya, pada malam partikel udara di atmosfer lebih rapat. Sehingga, kecepatan bunyi dibawah lebih cepat dan menjangkau lebih jauh daripada perambatan di bagian atmosfer. Berdasarkan hukum pembiasan, gelombang mengalami pembiasan mendekati garis normal (N) jika melewati medium yang lebih rapat (permukaan bumi). Akibatnya gelombang suara yang menuju kearah bumi akan dibiaskan menuju arah permukaan bumi (mendekat ke telinga kita). Sehingga, suara yang kita dengar akan terasa lebih jelas jika dibandingkan dengan suara yang kita dengar saat siang hari karena suara menjangkau lebih jauh sehingga sampai ke telinga kita.

Begitulah penjelasan mengapa pada malam hari suara terdengar lebih jelas daripada siang hari.

Sumber: 
[1] http://www.iweathernet.com
[2] https://i.stack.imgur.com/Xr8fk.jpg
[3] http://www.rpdp.net/sciencetips_v3/P8C2.htm



Postingan terkait:

Belum ada komentar untuk "Alasan suara terdengar lebih jelas saat malam "

Posting Komentar